Go Blog ! | Slide Show Team

About Go Blog ! | SMANSATA

Foto Saya
Go Blog ! | SMANSATA
Tarakan, Tarakan / Kalimantan Timur, Indonesia
Go Blog ! | SMANSATA Terbentuk Saat Diadakannya Lomba Membuat Blog Dalam Rangka Acara Bulan Bahasa Di SMA NEGERI 1 TARAKAN. Go Blog ! | SMANSATA Beranggotakan 3 Orang Yaitu : 1. Alvin Pardomuan.S.S. , 2. Riezky Jati.A. 3. Rio Alfa.C. Di Sini Kami Berusaha Sebaik Mungkin Untuk Menciptakan Serta Menuangkan Ide Dan Kreasi Kami Sendiri Agar Terciptalah Suatu Blog Yang Dapat Memberikan Manfaat Serta Ilmu Bagi Kita Semua Yang Mengunjungi Blog Ini. Keep Blogging !
Lihat profil lengkapku

Go Blog ! | Ratting

Go Blog ! | Skycrapper

Kamis, 27 Oktober 2011
TEKNIK FOTOGRAFI
Judul Buku: Teknik Fotografi     
Pengarang/penulis : Daryanto , B.Sc,
Penerbit : Aneka Ilmu (semarang)
Cetakan : Mei 2001 (cetakan terakhir)
Tebal     : 40 halaman
 Di dalam buku kumpulan cara/teknik fotografi yang  di tulis oleh Daryanto, B,Sc , ini  menyajikan beberapa  teknik dalam hal Fotografi , supaya pembaca  dapat mengikuti  dan  mempelajari  isi dalam buku ini dan  juga  mempraktekkannya  dalam kehidupan  sehari-hari, sebagaimana telah kita ketahui  bahwa  pekerjaan memotret dapat dijadikan pekerjaan  sampingan yang dapat menghasilkan uang di samping untuk  keperluan keluarga sendiri , dan juga merekam atau  mengabadikan  peristiwa sehari-hari , selain itu  si penulis  juga  ingin agar  para pembaca  bisa  mengetahui lebih  banyak  tentang hal potret-memotret.
Buku ini di bagi menjadi 6 Bab isi dari Bab-bab tersebut diawali dengan  pendahuluan, kemudian mengenalkan apa itu kamera, lalu mengenal bagian-bagian  dari kamera beserta  fungsinya, mulai dari Lensa, Diagfragma, Rana , Alat Pembidik , Alat Pengatur  jarak, film-film , Lampu Kilat, serta  cara pemeliharaan  alat-alat  tersebut. Kemudian  dilanjutkan  dengan  cara  mencuci dan mencetak film,  membesarkan foto, dan  yang terakhir ialah  mengenalkan  orang-orang yang berjasa  dalam sejarah  Fotografi,
Bagaimana sejarah ditemukannya kamera ??  Pada awalnya sejarah Fotografi belum ada didunia ini, namun akhirnya mereka  bisa  merubah  sejarah  fotografi  dari awalnya tiada, menjadi ada dari  hasil  penemuan-penemuan mereka, orang yang pertama yang  ialah Thomas Wedgwood, dia  adalah  seorang bangsawan  inggris yang menemukan suatu  metod a( pada tahun 1782) untuk  memindahkan gambar/lukisan  yang terdapat  pada  sebidang  kaca  dengan  pancaran/sorotan  cahaya ke atas kertas atau kulit yang  dibuatnya peka terlebih dahulu,  pada tahun  1816, Joseph Nicephore melakukan  percobaan dengan  kamera  yang  dilengkapi  dengan  lensa , kemudian  sejarah penemuan  tersebut  berlanjut lagi, pada tahun 1839 Louis Jacques Mande  Daguerre berhasil  menemukan  permanen hasil pemotretannya.kemudian  Pada tahun 1855 lagi, William Henry Fox Talbot berhasil  menemukan  suatu proses  membuat  foto  dengan  kamera  yang dinamakan “Pinhole Camera” dan orang selanjutnya  ialah  George Estman (Pada tahun 1879) ia adalah orang  pertama  yang  berhasil menemukan  kamera box  pada masa itu , karena  banyak yang orang yang tertarik dengan  penemuannya  itu. Akhirnya  Pada tahun  1888 ia sudah  mulai  memasarkan  kamera boxnya , dan  karena  usaha penjualan  kamera itu  berhasil ,maka Pada tahun  1891 ia  mendirikan  suatu perusahaan kamera yang besar yaitu Eastman Kodak Company.
Selain  buku “ Teknik  Fotografi” ini, sebelumnya  ada  juga  buku-buku laninnya,  diantaranya “Teknik Kamar Gelap” oleh Amir Hamzah , serta “Petunjuk  Untuk  Memotret” ,  ada  juga  buku  yang diciptakan  oleh  RM. Sularko yaitu “Penuntun  Untuk  Fotografi”  dan  dilanjutkan  dengan  buku-buku  ciptaan  Dahara Publishing (semarang) diantaranya  “ Unsur-unsur  Utama  Fotografi”  dan  juga  “Segi-segi Teknik Fotografi”.
Banyak  persamaan  yang dimilik Buku-buku diatas, yaitu menjelaskan pengenalan apa itu Fotografi?  Sampai  mekanisme pengaturan  kecepatan  dan  pengaturan  jarak,  mengajarkan beberapa Teknik dalam  hal Fotografi,  dan  juga cara memakai/merawat alat-alat dalam  Fotografi.
Namun, walaupun  banyak  persamaan  antara buku-buku diatas. Tentunya  ada  juga  kekurangan dan  kelebihannya.  Seperti  buku “Teknik  Fotografi” ini, berbeda dengan buku-buku lainnya yaitu isi dalam buku ini  lebih detail  serta isinya  lebih lengkap.
Selain itu ,  buku ini juga memiliki  kekurangan dalam segi bahasa, bahasanya terlalu bertele-tele dan sulit dimengerti. Buku kumpulan ini cocok dibaca untuk kalangan yang sudah  mengerti  apa itu fotografi? Atau  cocok  untuk seorang  Fotografer. Karena, bagi para  pemula segi bahasanya sulit untuk dimengerti.

Karya Oleh: Rio Alfa.C.
Kelas: XI IPA-2

0 komentar:

Posting Komentar

Go Blog ! | Motto

Go Blog ! | Whos.Amung.Us Map Site

Go Blog ! | Recent Post

Go Blog ! | Daftar Isi

Go Blog ! | Translate It !

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Go Blog ! | Hit Counter

Go Blog ! | Flag Counter

free counters

Go Blog ! | Clock

Tag Label

Go Blog ! | Keep Blogging !

Go Blog ! | Prayer Times

Prayer Times For 6 Million Cities Worldwide
Country:

Go Blog ! | Followers